Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Hyperlink

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Hyperlink

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Hyperlink
AmbyarBlog – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang HyperLink, hyperlink ialah teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain. Namun, sering dikenal juga sebagai link. Untuk lebih detail silahkan simak pembahasan berikut.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain. Hyperlink sering dikenal sebagai link. Jika anda Mengklik hyperlink pada suatu website berarti anda telah mem-browser WWW dan  menuju ke halaman lain/ ke dokumen lain.

Hyperlink atau yang disingkat Link merupakan suatu fungsi dalam HTML yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung suatu web untuk menelusuri informasi yang tersimpan dalam websiter yang dikunjungi.

Link umumnya ditampilkan dalam font yang berwarna berbeda, apabila kursor mouse didekatkan ke link tersebut maka font akan kelihatan bergaris bawah dan kursor akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Apabila link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi/ diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.

Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah suatu fungsi dalam HTML “Hyper Text Markup Language” yang tujuannya untuk memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya dan link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Pada umumnya hyperlink atau link ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, yang paling sering adalah berwarna biru. Apabila kursor mouse komputer atau laptop diarahkan ke link tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris bawah dan kursos akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk pada link tersebut. Apabila link itu sudah pernah diklik atau diakses, maka objek link warnanya berubah menjadi ungu atau warna lain. Hyperlink atau Link bisa dipasang tidak hanya pada teks, tetapi juga pada gambar dan jika gambar diklik maka akan dibawa ke tampilan lain dari isi link tersebut.

Jenis-jenis Hyperlink

Inilah beberapa jenis hyperlink sebagai berikut:
  1. Absolute Addres
  2. Absolute Addres atau alamat mutlak adalah full internet addres “URl” yang meliputi protocokl, network location, path dan nama file. Biasanya jika kita memberi backlink pada artikel di web kita sendiri atau web orang lain kita selalu menggunakan hyperlink jenis ini.
  3. Relatif Addres
  4. Relatif addres atau alamat relatif adalah URL yang tidak menyebutkan protocol dan network locationnya, tetapi hanya path dan nama filenya. Jenis hyperlink ini banyak digunakan kedalam sebuah website atau blog.
  5. Link Ke Section Tertentu Dalam Dokumen
  6. Maksudnya adalah membuat suatu link ke wilayah “section” tertentu dari suatu dokumen atau artikel. Dapat dipakai juga untuk membuat kamus.
Itulah Pengertian, Fungsi dan Jenis Hyperlink yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu menambahkan pengetahuan sobat. Sampai disini, sekian dan terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini