Kupas Tuntas Freeware Beserta Fungsi dan Contohnya

Kupas Tuntas Freeware Beserta Fungsi dan Contohnya

Kupas Tuntas Freeware Beserta Fungsi dan Contohnya
AmbyarBlog – Ketika berbicara tentang software atau aplikasi, tentunya ada bermacam-macam sifat dan karakteristiknya. Software itu ada yang bersifat freeware, shareware, rentalware, ada juga yang Open Source, adware, publik domain, dan commercial software.

Nah, dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang apa itu freeware. Seperti apa pengertian tentang freeware itu? Sudah tahukah sobat apa yang dimaksud dengan freeware? Jika sobat belum tahu pengertian freeware, maka di sini sobat bisa menemukan jawaban tentang pengertian aplikasi freeware.

Oke, tanpa basa basi lagi kita bahas pengertian freeware beserta fungsi dan contohnya berikut ini.

Pengertian Freeware

Freeware secara bahasa software atau aplikasi gratis. Freeware adalah software atau aplikasi yang diperoleh secara gratis yang dapat didownload dan digunakan tetapi mempunyai batasan hak pencipta. Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya mempunyai kebijakan tertentu yang umumnya disertai syarat software tersebut tidak boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun. Ada juga yang disertai dengan syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Namun syarat mutlak suatu software disebut Freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. Konten Freeware isinya bermacam-macam. Ada yang berupa software (aplikasi), source code, engine web (wordpress, CMS, phpBB), eBook (dokumen).

Atau definisi freeware adalah sebuah aplikasi atau software yang bisa digunakan oleh semua orang tanpa perlu membayar. Secara singkatnya pengertian freeware yaitu aplikasi yang gratis. Tetapi meskipun gratis pada dasarnya pembuatnya mempunyai suatu kebijakan tertentu yang biasanya disertakan pada saat kamu mendownload freeware tersebut, atau termaktub pada situs tempat kamu mendownload freeware tersebut. Tentunya kebebasan tersebut bukan berarti kita tidak membayar dan bebas lisensi, tetapi kamu harus mengikuti apa yang diinginkan oleh pembuat freeware, diantaranya yaitu tidak boleh menggunakan software freeware untuk kepentingan komersial dan tidak boleh memodifikasi software freeware dalam bentuk apapun.

Terlepas dari hal itu, penjelasan tentang pengertian freeware di atas hanyalah sebuah contoh kecil saja. Efek dari gratis tersebut yaitu dapat menyenangkan para pengguna komputer sehingga merasa tidak enggan untuk mendownloadnya. Cukup banyak orang yang lebih memilih freeware daripada harus membeli yang berlisensi. Ada yang memilih freeware karena memang tidak mempunyai uang, tidak ingin membajak dan ada juga yang memilih freeware karena mereka berprinsip jika ada yang geratis, kenapa harus beli yang berbayar? Meskipun mereka sebenarnya mampu untuk membayar software yang berbayar atau berlisensi tertentu.

Ada pula beberapa orang yang masih bingung perbedaan antara software yang freeware dengan open source. Perbedaan dari keduanya memang tidak begitu banyak, pada dasarnya sama-sama gratis. Tetapi open source lebih menitikberatkan pada kode sumber yang terbuka dan dapat diakses oleh siapapun. Siapapun yang menggunakan software open source boleh memodifikasinya baik itu menambah maupun mengurangi software tersebut, asalkan tidak menghilangkan credit atas kontributornya dan harus dirilis dengan menggunakan lisensi yang sama. Dalam open source seseorang bisa memodifikasi software open source menjadi sebuah program opern source lainnya yang berbeda.

Lain halnya dengan freeware, yang diberikan dalam bentuk yang matang, tinggal menggunakan, dan tidak boleh memodifikasinya. Karena itulah software yang opern source sudah pasti freeware, sedangkan software yang freeware belum tentu open source. Freeware bisa dalam bentuk software aplikasi, game ataupun driver (master device). Ada berbagai situs yang bisa kamu gunakan sebagai referensi ketersediaan suatu freeware salah satunya yaitu download.com. Sebuah freeware, terkadang dibuat untuk mengiklankan sesuatu, entah itu sebuah produk atau apapun itu. Freeware yang seperti itu disebut sebagai Adware (Aplikasi gratis yang dipasangi iklan). Iklan tersebut itulah yang membiayai pembuatan freeware tersebut dan menghidupi pembuatnya. Istilah lain untuk aplikasi seperti ini yaitu sponsored freeware.

Ada pula freeware yang dapat kita gunakan namun dengan batasan penggunaan tertentu. Misalnya setelah kita mendownload freeware tertentu, kita diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di suatu tempat untuk memperoleh serial number software yang freeware tersebut. Sistem seperti itu disebut sebagai Shareware. Ada pula yang menggunakan sistem dengan batasan waktu tertentu, setelah diberikan serial number kita hanya diberikan waktu untuk dapat menggunakannya secara gratis selama 30 hari atau beberapa waktu tertentu. Tetapi ada pula yang hanya mewajibkan kita untuk mendaftar dan memperoleh serial number saja, setelah itu kita bisa menggunakan software freeware tersebut selamanya.

Fungsi Freeware

Fungsi freeware yang ada di internet:
  1. Pengguna boleh menggunakannya tanpa biaya.
  2. Kemudahan bagi pengguna, karena freeware memfasilitasi pengguna dengan perangkat lunak gratis.

Contoh Freeware

Inilah beberapa contoh freeware, sebagai berikut:
  1. GOM Player
  2. Gom Player adalah aplikasi video player yang bersifat freeware. GOM Player digunakan untuk memutar audio dan video.
  3. Foxit Reader
  4. Foxit Reader adalah aplikasi pdf viewer yang bersifat freeware. Aplikasi Foxit Reader digunakan untuk menampilkan file-file dengan ekstensi .pdf, .ppdf, fdf, xfdf, dan xdp.
  5. Opera
  6. Opera adalah aplikasi web browser yang bersifat freeware. Opera berfungsi sebagai aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam mengakses berbagai informasi yang ada di internet.
  7. Free PDF Compressor
  8. Free PDF Compressor adalah aplikasi file compressor yang bersifat freeware. Free PDF Compressor digunakan untuk mengubah ukuran file yang formatnya .pdf menjadi lebih kecil (dikompres).
  9. Dev C++
  10. Dev C++ adalah software pemrograman yang bersifat freeware. Dev C++ digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasis cmd dengan bahasa pemrograman C++.
Bagaimana? Apakah sobat sudah mengerti dengan pembahasan diatas. Saya berharap sobat langsung mengerti dan memahami tentang Freeware yang sudah saya jelaskan diatas, apabila ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini