Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Augmanted Reality dan Virtual Reality yang Belum Anda Ketahui

Perbedaan Augmanted Reality dan Virtual Reality yang Belum Anda Ketahui
AmbyarBlog - Augmented reality dan virtual reality adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah cara pandang kita dalam melihat segala sesuatu. Memperlihatkan kepada kita visual yang tanpa batas. Dengan dua teknologi ini akan mampu menciptakan sebuah lingkungan virtual baru yang bisa kamu jelajahi sesuka hati tanpa terikat waktu.

Untuk menjalankan keduanya, dibutuhkan tambahan software aplikasi dan hardware agar sebuah visual realty maupun augmented reality berfungsi maksimal. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara virtual reality dan augmented reality? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Apa itu virtual reality ?

contoh virtual reality
Virtual reality
Coba bayangkan anda berada dipuncak Gunung Merapi. Lalu melihat sekeliling dan takjub dengan keindahan pemandangan disekeliling Gunung Merapi dan anda berkeingian untuk terjun dari gunung untuk merasakan sensasi adrenalin yang tinggi. Akhirnya anda terjun dengan bebas. Ketika melihat ke belakang, anda melihat sepasang sayap di pundak yang membantumu terbang untuk memudahkan mengitari Gunung Merapi. Tentunya akan sangat mengasikkan.

Nah, Itulah hal bisa terjadi jika anda menggunakan virtual reality. Dengan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa merasakan hal tersebut terjadi di dalam runganmu tanpa harus keluar langsung ketempat yang ingin kamu lihat dan rasakan. Yaa.. meskipun pasti akan terasa berbeda antara sensasi nyata dan sensasi virtual. Dengan virtual reality, anda akan benar-benar berada di lingkungan yang dibuat semirip mungkin dengan lingkungan aslinya. Dalam menjalankan virtual reality anda membutuhkan indra penglihatan dan suara sebagai tambahan imajinasi saat memasuki lingkungan virtual yang baru.
Contoh : Dengan virtual reality, seorang pilot bisa belajar mengendarai pesawat dengan virtual airplane. Dimana di dalamnya terdapat tombol dan fungsi yang sama dengan pesawat aslinya. Contoh lain, seorang tentara militer bisa belajar menembak dan berperang denga simulasi yang dibuat dengan basic virtual reality.

Apa itu augmented reality ?

contoh augmented reality
Augmented reality
Augmented reality lebih kompleks lagi dibandingkan dengan virtual reality. Di dalam augmented reality akan menggabungkan dunia nyata (real world) dengan komputer grafik dan informasi. Dengan augmented reality akan mengubah lingkungan sekitar kita setengah nyata dan setengah digital. Augmented reality biasanya digunakan untuk keperluan pelatihan militer, hiburan dan berbagai macam lainnya.

Kesimpulan

Keduanya sangat menakjubkan dalam memberikan kita pengalaman yang tidak kita dapatkan sebelumnya. Kita bisa berpeindah ke dunia lain yang penuh petualangan dengan Virtual Reality. Selain itu kita juga bisa menjelajahi dunia nyata dengan tambahan informasi digital dengan adanya Augmented Reality. Jadi mana yang lebih Anda sukai ? Berikan pendapatmu dengan menuliskan koment di bawah.

Post a Comment for "Perbedaan Augmanted Reality dan Virtual Reality yang Belum Anda Ketahui"

close