Apa Itu DA dan PA dalam Sebuah Blog

Apa Itu DA dan PA dalam Sebuah Blog

Apa Itu DA dan PA dalam Sebuah Blog
Ambyarblog - Apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang domain score yaitu DA dan PA. Sebenarnya nilai otoritas seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan ukuran untuk mengetahui tingkat kualitasi dari sebuah situs blog maupun website, ntah itu tingkat ranking suatu domain ataupun halaman yang muncul pada mesin pencarian search engine.

DA dan PA memiliki peran yang sangat penting dalam suatu blog. Jadi, bila ingin melihat kualitas situs blog atau website Anda bisa melihat angka Da dan Pa apakah besar atau kecil. Anda bisa mengeceknya disini. Oke, kita langsung kepembahasannya simak dengan baik-baik.

Pengertian Domain Authority (DA)

Domain Authority adalah ukuran kekuatan suatu domain yang menjadi salah satu dari banyak faktor dalam peringkat pada mesin pencari. Situs blog atau website yang memiliki nilai DA tinggi akan lebih mudah menduduki peringkat awal pada mesin pencari, ntah itu Google, Bing, ataupun yang lainnya.

Situs situs baru yang tidak konsisten dalam pengelolaannya, tidak akan bertahan lama di hasil mesin pencari. Domain Authority dapat di lihat dari scor yang berskala 1-100, yang mana semakin tinggi nilainya, semakin mudah pula untuk mendapatkan ranking pada halaman pertama.

Pengertian Page Authority (PA)

Page Authority adalah istilah SEO guna mendeskripsikan kemungkinan bahwa suatu halaman tertentu akan sering dijumpai di mesin pencari. Makin sering artikel berada di halaman utama, maka artikel lain akan saling mengejar untuk berada di halaman utama pada mesin pencari. Situs blog atau website yang memiliki PA tinggi, akan mudah menaikkan posisi artikelnya untuk berada di halaman utama.

DA dan PA bisa dibilang indikator performa SEO dari website tersebut, hal ini juga berlaku untuk situs blog Anda. Setelah mengetahui perbedaan diatas, antara domain authority dan page authority, mana yang lebih penting menurut Anda? Itu bergantung dengan kebutuhan pada blog yang Anda miliki.

Selain itu, ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi peningkatan pada DA maupun PA yang perlu Anda ketahui.

Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan DA & PA

Usia Domain

Singkat saja, domain yang berusia cukup lama, dan si pengelola tidak ada hentinya dalam memberikan performa terbaik untuk blog nya, seiring waktu DA dan PA akan meningkat dengan sendirinya secara perlahan.

Popularitas Domain

Popularitas domain dapat dihitung dari jumlah inbound link yang mengarah ke blog Anda, yang berasal dari situs yang memiliki DA & PA lebih tinggi. Selain itu, Anda dapat melakukan share sosial media, blog walking, submit URL ke directory, link profil, dan lain sebagainya yang dapat membantu menciptakan inbound link dan menghasilkan lalu lintas dari waktu ke waktu.

Artikel Berkualitas dan Menarik

Situs blog atau website yang bagus yaitu memiliki banyak artikel atau konten. Akan tetapi, banyak artikel saja tidak cukup dan tidak bisa menjadi patokan website tersebut akan baik di mata Google. Jika artikelnya menarik, original, dan tidak ada yang menyamai konten Anda, hal itulah yang disukai Google.

Oleh karena itu, membuat artikel menarik yang enak dibaca penting untuk Anda pelajari dalam meningkatkan nilai DA & PA pada situs blog atau website.

Guest Post

Pada dasarnya, guest post memiliki fungsi yang sama dari inbound link, tapi ada sedikit perbedaan yaitu dari segi kualitas. Ya, dengan guest post Anda akan mendapatkan backlink berkualitas dari situs yang Anda kirimi artikel. Anda dapat menulis di blog orang untuk mendapatkan pengunjung dari situs tersebut. Selain itu, faktor jenis ini bisa saja bersifat permanen, maksudnya link disisipkan pada artikel yang Anda targetkan akan selalu ada, dan hanya kemungkinan kecil penghapusan artikel dari admin tersebut.

Internal Linking

Artikel yang optimal adalah artikel yang saling terhubung satu sama lain. Yang mana, pada setiap artikel terdapat link yang mengarah ke artikel lain yang relevan. Hal ini ditujukan untuk memperkuat dan meminimalisir tingkat bounce rate dalam suatu halaman.

Gambar

Beri gambar atau video pada web maupun blog Anda. Jangan isikan website atau blog Anda hanya dengan teks saja.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Apa itu DA dan PA dalam Sebuah Blog, sekarang Anda sudah mengetahui dan cara meningkatkannya. Semoga anda suka dengan artikel ini dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dibawah. Sekian dan terima kasih.

Salam Ambyar!

Anda mungkin menyukai postingan ini