Konsep Algoritma dalam Game

Konsep Algoritma dalam Game

Vidio Game - Hi Guys! Kalian sudah tau game kan? Ya, pasti lah apalagi pada jaman Era 4.0, mau anak-anak, remaja atau dewasa pasti sudah tau game itu apa. Nah, sekarang saya akan membahas tentang konsep pada game atau Kecerdasan Buatan (AI). Langsung saja kita ke leptop.


Games atau Vidio Game

Menurut Wikipedia, Permainan video adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada peranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada peranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan. Ya, vidio game semacam sistem elektronik yang menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Baca juga:  Filsafat dan Sejarah AI

Permainan toc-tac-toe

Ini salah satu contah permainan dari banyaknya permainan yang ada sekarang.
Perhatikan permainan tic-tac-toe di bawah.

Permainan toc-tac-toe

Di mana, A (X) sedang bermain dengan B (O) dengan situasi seperti berikut.

Pohon Permainan (Game Tree)

Untuk menganalisis game dan strategi optimal, saya akan memperkenalkan konsep pohon permainan (game tree).
  • Pohon permainan mirip dengan pohon pencarian (search tree).
  • Berbagai kondisi permainan diwakili oleh node di pohon permainan.
  • Node dari setiap node N adalah keadaan yang memungkinkan yang dapat dicapai dari keadaan yang sesuai dengan N.
  • Dalam permainan tic-tac-toe, keadaan permainan ditentukan oleh posisi dan yang gilirannya.
Pertimbangkan, misalnya, pohon permainan berikut yang dimulai bukan di root tetapi di tengah-tengah permainan.
  • Karena kalau tidak, pohon itu akan terlalu besar untuk ditampilkan.


pohon permainan
konsep pohon permainan

Dalam diagram di berikut, telah dimasukkan nilai pada setiap node serta permainan game yang optimal mulai dari giliran Min di root node.
Nilai dari root node, yang dikatakan sebagai nilai permainan (value of the game), ini memberi tahu siapa yang menang (dan berapa banyak, jika hasilnya bukan sekadar menang atau kalah)
  • Max menang jika nilai permainan +1 , Min menang jika nilainya -1, dan jika nilainya 0, maka permainan akan berakhir seri.
  • Ini semua didasarkan pada asumsi bahwa kedua pemain memilih yang terbaik untuk mereka.
Permainan optimal juga dapat dinodekan dari nilai-nilai node
  • Pada setiap node Min, yaitu node di mana giliran Min, pilihan optimal diberikan oleh cabang yang nilainya minimal, dan sebaliknya, pada setiap node Max, di mana giliran Max, pilihan optimal diberikan kepada cabang yang nilainya maksimal.

konsep pohon permainan

Algoritma Minimax

Setelah mengeksploitasi konsep nilai permainan di atas untuk mendapatkan algoritma dengan permainan game yang optimal, secara teori, permainan deterministik, dua orang, dan informasi sempurna.
  • Diberikan keadaan permainan, algoritme hanya menghitung nilai node cabang dari keadaan (state) yang diberikan dan memilih yang memiliki nilai maksimum jika giliran Max, dan memiliki nilai minimum jika giliran Min.
Algoritma dapat diimplementasikan menggunakan fungsi rekursif yang rapi di bawah ini untuk masing-masing node Max dan Min. Ini dikenal sebagai algoritma Minimax (Minimax algorithm).

implimentasi

implimentasi

Mari kita kembali ke permainan tic-tac-toe yang dijelaskan di awal bagian ini.
  • Untuk mempersempit ruang yang memungkinkan untuk dipertimbangkan, saya dapat mengamati bahwa Max harus dengan jelas menempatkan X di baris atas untuk menghindari kekalahan yang akan segera terjadi:
toc-tac-toe
Sekarang giliran Min untuk memainkan O.
Evaluasi nilai kondisi permainan ini dan juga status lainnya dipohon permainan di mana posisi di atas adalah root, menggunakan algoritma Minimax.


Konsep pohon permainan

Itulah konsep pohon permainan dan algoritma dalam vidio game, masih banyak lagi Kecerdasan Buatan (AI) dalam vidio game. Insyaallah nanti saya upload untuk selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Kalau ada yang kurang paham, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar.
Terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini